BogorPeristiwaProfilRedaksiRSMM BogorSorot DesaSosial

Tingkatkan Layanan Keswa, Puskesmas Ciawi dan RSMM, Latih 25 Kader yang Didukung Dinkes dan Dinsos Kabupaten Bogor

2views

BOGOR, | sorotdesa.com,_Bertempat di Aula Lantai 2, Puskesmas Ciawi yang terletak di Jl. KHR. Moch. Toha No. 387 Desa Bendungan Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, diadakan kegiatan Refreshing Kader Kesehatan Jiwa yang di selenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui Puskesmas Ciawi dan RSMM, pada Rabu (6/3/2019), pukul 09.00 wib.

Puskesmas Ciawi yang di pimpin oleh drg. Belinda Wildani, sebagai Kepala Puskesmas dan dr. Tina Yustiniarsih, sebagai Pemegang Program Keswa, memiliki 5 wilayah kerja yaitu : Desa Ciawi, Bendungan, Banjarwaru, Pandansari, Bitungsari, yang saat ini sudah mempunyai Poli Kesehatan Jiwa (Pelayanan Prioritas ODGJ), yang buka setiap hari Senin s.d Jumat.

Sampai saat ini sebagaimana data sementara sudah melayani 76 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan 8 ODGJ diantaranya dirujuk untuk mendapatkan perawatan di RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor.

Puskesmas Ciawi juga memiliki layanan keswa lainnya seperti Ngalongok ODGJ (Home Visite), Pendampingan Psikiater dan Evakuasi ODGJ, dengan Motto : Sinergitas Kesehatan Jiwa Puskesmas Ciawi, Stop Stigma, Stop Pasung dan Peduli ODGJ.

Refreshing Kader Kesehatan Jiwa, diikuti oleh sedikitnya 25 Kader dari berbagai desa di wilayah kerja Puskesmas Ciawi, dengan narasumber Iyep Yudiana , SKM. MKM., yang membawakan materi tentang Peran Kader Dalam Kesehatan Jiwa, yang disertai dengan Simulasi Wawancara Keluarga Sehat Jiwa dan Game Interaktif tentang peran kader keswa yang dibantu oleh pendamping ODGJ Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

Dalam kesempatan tersebut Puskesmas Ciawi melalu drg. Belinda Wildani menyampaikan harapannya, “kami mengharapkan memiliki layanan jiwa yang prima, ditunjang fasilitas layanan dan obat yang lengkap, sehingga ODGJ bisa pulih dan mandiri,” ungkapnya.

Kegiatan Refreshing Kader Kesehatan Jiwa ini bisa terselenggara karena adanya kerjasama antara Dinkes Kab. Bogor melalui Puskesmas Ciawi bersama Dinsos Kab. Bogor melalui Forum Pendamping ODGJ bersama RSMM.

Diakhir kegiatan, dilakukan dokumentasi photo bersama, dengan jargon yang khas yaitu :
✋Stop Pasung
💪Sehat Jiwa
🤝Pulih, Mandiri dan Produktif.
By. KJM & PKRS RSMM (Red/Yr)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter