BantenPandeglang

Tim Satgas Covid-19 Jaring Ratusan Pelanggar Prokes di Operasi Yustisi

172views

PANDEGLANG,- Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang kian gencar melakukan operasi yustisi penerapan protokol kesehatan. Kali ini operasi di gelar pada sejumlah titik jalan utama Mengger-Caringin kecamatan Mandalawangi kabupaten Pandeglang, Kamis (13/01/2021).

“Melalui operasi ini, kita berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19,” kata Syaeful Bakhri Petugas Satgas Covid-19.

Menurut dia, masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker diberi pemahaman tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Kita beri pemahaman tentang Covid-19, ada juga sanksi sosial agar warga sadar akan menerapkan protokol kesehatan, minimal memakai masker,” terangnya.

Dia juga mengajak, seluruh elemen masyarakat yang terkait, tokoh pemuda, tokoh agama agar bisa menjadi pelopor penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat.

“Semua harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan,” ajaknya.

Sebab, mencegah penularan covid-19 harus dilakukan bersama oleh seluruh elemen masyarakat. Mari selalu pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir,” imbaunya.

Syaeful juga mengingatkan masyarakat untuk tidak menyelenggarakan kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan.

“Jangan menyelenggarakan kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan. Karena itu, bisa menjadi klaster penyebab penularan covid-19. Ayo kita lawan covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, dan berdoa kepada Tuhan yang maha esa,” ajaknya.

Pantauan sorotdesa.com, Kegiatan kali ini yang dipusatkan di depan Kantor Polsek Mandalawangi dan di depan kantor kecamatan Mandalawangi melibatkan personil gabungan dari TNI/Polri, Satpol PP serta petugas kesehatan Puskesmas Mandalawangi.

Operasi yustisi yang dipimpin oleh Koordinator Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Mandalawangi yang juga Kasi Trantib SatPol PP Syaeful Bakhri yang dibantu oleh anggota Polsek dan Koramil Mandalawangi dimulai pukul 09.30 WIB petugas berhasil menjaring sebanyak 115 orang yang melanggar protokol kesehatan dalam pemakaian masker.

Selanjutnya puluhan pelanggar tersebut langsung menjalani pemeriksaan dan identifikasi oleh petugas kesehatan. Kemudian masing-masing pelanggar diberikan sanksi sosial dengan jaminan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

“Dalam waktu 2 jam, kita menjaring sebanyak 115 pelanggar. Untuk pelanggar yang berasal dari warga sekitar kita beri sanksi sosial berupa bersih-bersih jalan, push up, serta menghapal Pancasila dan UUD 45. Bagi warga mandalawangi, tetap seperti biasanya setelah menjalani bersih-bersih dan sanksi. Baru KTP diberikan,” kata Koordinator Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Penanganan Covid-19. (Red)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter