BantenPandeglang

Soal Usir Wartawan, GWI Banten Desak Oknum Dinsos Pandeglang Lakukan Klarifikasi

421views

PANDEGLANG,- Sikap tidak ramah terhadap awak media yang dilakukan oleh salah satu Oknum Dinsos Pandeglang pada kegiatan rapat program sembako yang diselenggarakan pada Selasa 12 Januari 2021 lalu, menuai protes dan disesalkan sejumlah jurnalis di Pandeglang Banten, Pasalnya, oknum dinsos tersebut seakan takut jika kegiatan tersebut dikritik dan di publikasikan oleh media massa.

Pengurus DPD gabungan wartawan Indonesia (GWI) Banten Panji Yuri menyesalkan perlakuan anggap remeh terhadap awak media, sudah seharusnya seorang pekerja publik bisa bersikap santun berbicara terhadap semua orang.

“Sebagai seorang pekerja publik tidak anggap remeh, apalagi awak media meliput kegiatan positif dan tentunya kebutuhan khalayak umum,” ucapnya

Panji menjelaskan, dalam UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers adalah pelaksanaan kemerdekaan pers yang merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat dan menjadi unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis, sehingga kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sebagaimana tercantum dalam Pasal 28 UUD1945 harus dijamin.

“Pers dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang demokratis, kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat sesuai dengan hati nurani dan hak memperoleh informasi, merupakan hak asasi manusia yang sangat hakiki, yang diperlukan untuk menegakkan keadilan dan kebenaran, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.” Ungkapnya.

Panji menilai, kegiatan tersebut bukan tertutup melainkan terbuka untuk umum. “Iya siapa yang ingin mempublikasikan kegiatan itu, silakan. Apalagi pers, karena sudah sesuai dengan tupoksi dan pekerjaannya,” Tutur Panji.

Kepada awak media sorotdesa.com Panji menyampaikan bahwa dirinya meminta kepada oknum Dinsos Pandeglang untuk segera melakukan klarifikasi pada hal tersebut.

“Saya berharap agar oknum Dinsos Pandeglang lalukan Klarifikasi dan permohonan maaf atas kejadian itu, jika memang tidak ada upaya untuk itu. Kami akan tempuh upaya lain,” pungkas Panji. (Red)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter