BantenPandeglang

Soal Program Bantuan Beras ( BSB ) DI Desa Karyasari, Tiga Organisasi Mahasiswa Akan Lakukan Aksi Demo

182views

 

PANDEGLANG,|SOROTDESA.COM- Aliansi mahasiswa dan pemuda (AMP) yang tergabung dari 3 (tiga) Organisasi yakni Gerakan Pemuda Mahasiswa Indonesia (GPMI), Asosiasi Gerakan Mahasiswa Indonesia (AGMI), dan Jaringan Pemuda Mahasiswa Indonesia (JPMI) akan melakukan Aksi Demonstrasi pada Senin, (23/11/2020).

Aksi Demonstrasi tersebut akan dilaksanakan di dua titik aksi yang pertama didepan kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), dan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang, Banten.

“Estimasi massa yang akan menggelar demo di dua titik aksi itu sekitar 50 orang dengan Isu adanya dugaan Pemungutan Liar (pungli) pada Program Bantuan Sosial Beras (Jaring Pengaman Sosial COVID-19) di Desa Karyasari Kecamatan Sukaresmi,” jelas Yudistira, Ketua Asosiasi Gerakan Mahasiswa Indonesia (AGMI) Pandeglang.

Yudistira menambahkan, dari surat pernyataan tertulis yang ditandatangani masing-masing Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) hanya disalurkan sebanyak 30 Kg/KPM.

“Seharusnya sebanyak 30 Kg/KPM yaitu alokasi Agustus dan September serta pada bulan Oktober sebanyak 15 Kg/KPM, jadi jumlah keseluruhan 45 Kg/KPM, tetapi berbeda dengan fakta dilapangan keterangan dari 45 Kg/KPM hanya disalurkan 30 kilogram,” imbuh Ketua Asosiasi Gerakan Mahasiswa Indonesia Pandeglang.

Ketua Asosiasi Gerakan Mahasiswa Indonesia Pandeglang itu juga memaparkan Program Bantuan Sosial Sembako merupakan salah satu perluasan kebijakan dalam rangka penanganan dampak pandemi COVID-19 melalui pelaksanaan jaring pengaman sosial Bantuan Sosial (Bansos) Beras bagi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH).

“Bantuan Sosial Beras bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras beras selama pandemi COVID-19,” kata Yudistira.

Ditempat yang sama Gerakan Pemuda Mahasiswa Indonesia (GPMI) Pandeglang, Entis Sumantri mengatakan bahwa seharusnya jumlah bantuan sebesar 15 kilogram/KPM/Bulan selama 3 (tiga) bulan alokasi Agustuss dan Oktober 2020.

“Jika sesuai jadwal penyaluran dilaksanakan mulai bulan September sebanyak 30 Kg/KPM yaitu alokasi Agustus dan September serta pada bulan Oktober sebanyak 15 Kg/KPM,” ucap Entis Sumantri.

Entis Sumantri menjelaskan, Petunjuk Teknis Bantuan Sosial Beras disusun oleh Kementerian Sosial sebagai acuan dalam pelaksanaan Bantuan Sosial Beras oleh semua pihak yang terlibat dalam penyediaan maupun penyaluran sampai diterima oleh KPM PKH.

“Saya harap para pihak pelaksana Bansos Beras dan Pemerintah Daerah dapat menggunakan Petunjuk Teknis Bantuan Sosial Beras ini dengan sebaik-baiknya sebagai acuan pelaksanaan program Bantuan Sosial Beras bagi KPM PKH,” pinta Ketua Gerakan Pemuda Mahasiswa Indonesia itu.

Terpisah Agi Ardiansyah, Sekjen Jaringan Pemuda Mahasiswa Indonesia (JPMI) menyesalkan adanya dugaan pemotongan pada Program Bantuan Sosial Beras (Jaring Pengaman Sosial COVID-19) di Desa Karyasari Kecamatan Sukaresmi.

“Kami sangat menyesalkan petunjuk Teknis Bantuan Sosial Beras didesa Karyasari tidak digunakan dengan sebaik-baiknya sebagai acuan pelaksanaan program Bantuan Sosial Beras bagi KPM PKH,” ungkap Sekjen Jaringan Pemuda Mahasiswa Indonesia (JPMI).

Sementara itu, salah satu Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) yang enggan namanya dipublikasikan di media mengatakan, Bantuan Sosial Beras (BSB) di Desa Karyasari hanya disalurkan 30 Kg/Kepala Penerima Manfaat (KPM).

“Kami hanya menerima sebanyak 30 kilogram Bansos Beras selama 3 (tiga) bulan alokasi Agustus, September dan Oktober 2020,” katanya

Masih dikatakan, yang menerima sebanyak 30 kilogram bukan hanya dirinya tetapi masih banyak juga Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) yang lainnya, dan merekapun siap untuk membuat pernyataan.

“Yang siap memberikan keterangan secara tertulis juga banyak pa, dan mereka sama hanya mendapatkan 30 kilogram selama 3 (tiga) bulan,” pungkasnya.

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter