BantenPandeglang

Serentak, Secara Virtual MusrenbangDes di Hadiri Camat dan Forkopim Kecamatan Mandalawangi

100views

PANDEGLANG,- Pemerintahan Desa Mandalawangi menggelar MusrenbangDes tahun anggaran 2022 hari ini secara virtual bersama Bupati dan DPMPD kabupaten Pandeglang, MusrenbangDes dilaksanakan sesuai jadwal yang di sepakati oleh Tim Kecamatan Mandalawangi. Bertempat di Aula ruang rapat Kantor Desa Mandalawangi. Senin (11/01/2021).

Tampak hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan, berbagai komponen dan Kelompok Masyarakat Desa Mandalawangi. Hadir, ketua BPD Desa Mandalawangi, PJs Kapolsek Mandalawangi, Pendamping Desa, Bidan Desa, Babinsa/Babinkamtibmas Desa Mandalawangi, Ketua LPM, Ketua BumDes Mandalawangi, ketua RT dan RW Se-Desa Mandalawangi serta tokoh masyarakat.

MusrenbangDes yang dilaksanakan secara virtual dibuka langsung oleh Kepala Desa H. Azis Sahril sekaligus mengucapkan Selamat Datang kepada rombongan Forkopim Kecamatan Mandalawangi yang dipimpin langsung oleh Camat Mandalawangi, Yamin Bunyamin, S.Sos,. M.Si.

Adapun yang dibahas dalam MurenbangDes, yakni rencana kegiatan di tahun 2022 dan yang akan menjadi prioritas, serta evaluasi kegiatan di Tahun 2020 yang sudah dan belum terlaksana. Keterbukaan dan transparansi dalam pelaksanaan program pemerintah Desa, menjadi hal yang wajib demi terwujudnya Desa yang maju dan sejahtera.

Diawal pembukaan MusrenbangDes, Azis Sahril Kades Desa Mandalawangi, melaporkan gambaran umum pelaksanaan pembangunan Desa, baik yang sudah maupun yang belum terealisasi yang tertuang dalam RPJMDesa pada RKPDesa. Dimana pembangunan Desa di masing-masing sektor masih tertunda akibat terjadinya wabah Covid19.

“Pemabangunan masih di fokuskan pada pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap masyarakat yang terdampak dari wabah Covid19 penyebab terpuruknya perekonominan.” Ucapnya.

Ditambahkan Kades, pembangunan yang dilakukan di desa mandalawangi secara komunikatif dengan warga sekitar.

“Program pembangunan yang akan dan telah dilaksanakan tidak terlepas dari komunikasi dengan warga sekitar,” tandas Azis

Camat Mandalawangi yang hadir dalam MusrenbangDes menyampaikan beberapa hal. Dimana Ia menekankan pelaksanaan MurenbangDes hari ini diharapkan bisa menentukan atau mengusulkan apa yang menjadi usulan sekala Prioritas pembangunan, memilih dan menetapkan delegasi Desa untuk mengikuti Musrenbang Kecamatan Tahun 2021 pada bulan Pebruari.

“Kami minta untuk mengemas kegiatan MusrenbangDes ini untuk lebih bermanfaat, mengedepankan skala prioritas pembangunan secara demokrasi, menyepakati RKPDes 2022 usulan prioritas skala Desa, membuat data usulan yang nantinya diusulkan di MusrenbangCam bulan Pebruari 2021.” Ucap Yamin

Lebih lanjut Camat mengungkapkan, dimasa Pandemi Covid19, sudah pasti banyak kegiatan pembangunan yang tertunda. Dimana Dana Desa masih di peruntukan untuk BLT, bantuan langsung tunai terhadap masyarakat yang terdampak Covid19. Maka untuk menyeimbangi pembangunan Desa yang menjadi skala kewenangan Kabupaten, agar di data dan diusulkan melalui MusrenbangCam sesuai bidangnya.” Imbuhnya.

Disisi lain, Camat Mandalawangi berpesan dimasa pandemi Covid19 Pemdes Desa Mandalawangi agar tidak henti-hentinya memberikan edukasi ke pada warga, agar selalu mengikuti Protokol Kesehatan.

Ketua BPD Mandalawangi H. Toufik W, diakhir MusrenbangDes dilanjutkan dengan pemaparan usulan skala Prioritas, sekaligus menyepakati dari usulan-usulan di masing-masing bidang, baik bidang fisik, ekonomi, Sosial dan Budaya. Musrenbang Desa berjalan lancar, dengan tetap mengikuti Protokol kesehatan.

“Pada kesempatan kali ini, kali pertama BPD mengadakan acara MusrenbangDes namun tidak menyulut semangat untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di desa,” ujarnya

Dia juga menekankan bahwa MusrenbangDes ini memprioritaskan pada skala kebutuhan pada tahun 2022 mendatang.

“Sesuai dengan arahan Bupati Pandeglang bahwa kebutuhan dari pada usulan-usulan nantinya akan lebih pada skala prioritas, agar rencana yang akan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan bukan ke inginkan,” pungkas Toufik ketua BPD Mandalawangi. (Red)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter