PeristiwaProfilRedaksiSorot DesaSosialTangerang

Serah Terima 40 ODGJ Paska Rawat dan Evakuasi 60 ODGJ, Kerjasama RSMM dan Pemkab Tangerang.

2views

TANGERANG, | sorotdesa.com,_Bertempat di Gedung Serbaguna yang terletak di Jl. H. Abdul Hamid Komplek Pemda Tigaraksa Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, digelar kegiatan Serah Terima kembali 40 ODGJ yang telah dirawat RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor selama kurang lebih sebulan.

Penyerahan dilakukan oleh Iyep Yudiana, SKM. MKM. sebagai Koordinator Linsek dan Promosi Kesehatam Jiwa RSMM, kepada Pemda Kabupaten Tangerang melalui Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Senin (18/3/2019) pukul 11.00wib.

Sehari kemudian, tepatnya hari Selasa, 19 Maret 2019, digelar kembali Kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Evakuasi 60 ODGJ Periode 3, antara RSMM dengan Pemkab. Tangerang, yang difasilitasi oleh Dindin, SH, sebagai Kasi Pelsos dan Penyandang Disabilitas Dinsos dan Lely Elfrida, SST, sebagai Penanggung Jawab Program Jiwa Dinkes Kabupaten Tangerang.

Kegiatan yang bertemakan “Peduli ODGJ Menuju Kabupaten Tangeran Sehat Jiwa” ini dihadiri sedikitnya 300 orang peserta dan undangan, yang terdiri dari Dinas Keseharan, Dinas Sosial, Panti Hikmah Syahadah, RSMM, 11 Puskesmas dari 7 kecamatan, Satpol PO, Keluarga ODGJ dan ODGJ itu sendiri.

Acara di buka dengan membacakan “Basmallah” oleh Ustd Abu Asiri, sebagai pembawa acara dan tim terapi senior di Panti Hikmah, dilanjutkan dengan sambutan dari KH. Drs. Romdin H. Rian, MM., sebagai Ketua Panti Hikmah Syahadah, kemudian dr. Hendra Tarmudzi, MARS., sebagai Kabid P2P Dinkes Kabupaten Tangerang.

Keduanya memberikan apresiasi dan terimakasih kepada RSMM atas kerjasama pelayanan keswa kab. Tangerang.
Sambutan dari RSMM diwakili oleh Iyep Yidiana, SKM. MKM., yang mengucapkan terimakasih atas dukungan Dinkes dan Dinsos untuk kesehatan jiwa masyarakat Kab. Tangerang.

Sambutan terakhir ditutup oleh Drs. H. Arsyad Al Husaini, MM. MBA., sebagai Kepala Dinas Sosial, yang sekaligus mewakili Bupati Kabupaten Tangerang, dalam sambutannya mengatakan, “Bupati menyampaikan terimakasih kepada RSMM atas pelayanan kesehatan jiwa masyarakat untuk menuju Kabupaten Tangerang Bebas Pasung,” terangnya.

Pembacaan Komitmen Pelayanan Kesehatan Jiwa untuk Masyarakat Kabupaten Tangerang dipimpin oleh Iyep Yudiana, yang diikuti oleh seluruh peserta dan undangan yang hadir, dengan komitmen, menuju Kab Tangerang Bebas Pasung dan Sehat Jiwa.

Penyerahan piagam penghargaan yang diberikan oleh Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Panti Hikmah Syahadah Kabupaten Tangerang kepada RSMM membuktikan bahwa RSMM Berkomitmen dalam pelayanan kesehatan jiwa untuk masyarakat.

Di sisi lain, telah dilaksanakan pemeriksaan terhadap 60 ODGJ yang terdiri dari 41 ODGJ laki-laki dan 19 ODGJ Perempuan, yang di pimpin oleh Ns. I Ketut Sudiatmika, S.Kep. M.Kep. Sp.Kep.J., sebagai Kepala Instalasi KJM & PKRS RSMM, yang dibantu oleh dr. Sucipto, Sp.KJ. M.Kes, sebagai Psikiater di RSMM dan 12 tim lainnya yang terdiri dari perawat jiwa, Promotor Kesehatan, pekerja sosial, Administrasi dan lainnya.

Kegiatan ditutup dengan diskusi bersama antara RSMM dengan Dinkes, Dinsos, Keswa, Panti dll, yang menghasilkan beberapa keputusan kesepakatan yaitu : Kontrol 40 ODGJ Paska Rawat Periode 2, akan dilaksanakan hari Kamis, 21 Maret 2019, Serah terima 60 ODGJ Paska Rawat Periode 3 akan di laksanakan hari Senin, 15 April 2019 dan Kontrol 60 ODGJ Paska Rawat Periode 3 akan dilaksanakan hari Kamis, 22 April 2029.

✋Stop Pasung
💪Sehat Jiwa
🤝Pulih Produktif dan Mandiri
BY KJM & PKRS RSMM (Red/Yr)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter