BantenPandeglang

Sempat Alami Penundaan Akibat Pandemi, Diklat FDS PKH Mandalawangi Terapkan Prokes

292views

PANDEGLANG,- Koordinator kecamatan program keluarga harapan (PKH) kecamatan Mandalawangi sebagai salah satu Satker Unit Kerja Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (BP3S) pada Kementerian Sosial menyelenggarakan pertemuan P2K2/FDS PKH. Acara ini diikuti oleh seluruh ketua kelompok pendamping PKH keluarga penerima manfaat (KPM) yang bertugas di wilayah kecamatan Mandalawangi kabupaten Pandeglang.

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Mandalawangi, Kasi Trantib Covid-19 kecamatan Mandalawangi, Korkab PKH Pandeglang, Korcam PKH Mandalawangi, Kepala Desa Mandalawangi, pendamping PKH dan ketua kelompok KPM se-kecamatan Mandalawangi.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program prioritas nasional yang diharapkan mampu mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial. Program ini digawangi oleh Kementerian Sosial yang dalam pelaksanaannya juga untuk mendorong kemandirian penerima manfaat sehingga dalam kurun waktu kurang dari lima tahun sudah graduasi sejahtera mandiri atau lulus dari kepesertaan PKH.

“PKH merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang berkontribusi pada penurunan tingkat kemiskinan, yang saat ini sudah menjangkau hampir 10 juta keluarga. Dalam upaya penanganan kemiskinan di Indonesia, pemerintah telah mampu menurunkan angka kemiskinan,” ujar Usman Kordinator PKH Kabupaten Pandeglang, Sabtu (28/11/2020).

Kontribusi Kementerian Sosial periode RPJMN 2015-2019 terhadap persentase penurunan angka kemiskinan nasional merupakan suatu kunci keberhasilan Kementerian Sosial dalam upaya mendukung salah satu Program Prioritas Nasional. Keberhasilan ini tidak terlepas dari upaya Kementerian Sosial dalam penanganan fakir miskin secara berkelanjutan.

“Salah satu faktor kunci keberhasilan ini adalah kontribusi para pendamping yang tidak dapat diragukan kinerjanya yang begitu masih setia dan militan. Ini perlu ditingkatkan agar target penurunan angka kemiskinan tahun 2020-2024 dapat tercapai,” ungkapnya.

Menurutnya, peran pendamping merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengentasan kemiskinan, karena mereka memiliki loyalitas, dedikasi dan kompetensi yang handal dalam melaksanakan program Keluarga Harapan. Kementerian Sosial sudah mempersiapkan kompetensi para pendamping melalui kediklatan.

Sementara Muslim selaku Kordinator PKH kecamatan Mandalawangi mengungkapkan setelah mengalami penundaan Pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau FDS karena Covid 19. Kini kegiatan tersebut kembali dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Langkah awal yang dilakukan oleh para pendamping PKH kecamatan Mandalawangi adalah dengan melaksanakan FDS gabungan yang sasaranya adalah para ketua kelompok se-kecamatan Mandalawangi. hal ini dilakukan dengan tujuan para ketua kelompok adalah ujung tombak penyambung informasi dari pendamping ke peserta PKH lainya.” Ungkap Muslim

Materi yang disampaikan pada P2K2 atau FDS gabungan itu adalah mengulas kembali modul Kesehatan dan Gizi, materi ini sengaja dipilih untuk meningkatkan kembali kesadaran anggota PKH tentang penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilingkungan masing masing.

Muslim menjelaskan pentingnya cuci tangan dengan menggunakan air yang mengalir atau handsanitizer dan menggunakan sabun, sebelum dan sesudah melakukan aktivitas apapun.

Selain itu, Korcam PKH menjelaskan tentang pentingnya 1000 hari pertama kehidupan yaitu 9 bulan dalam kandungan sampai umur 2 tahun, karena masa itu disebut masa keemasan.

“Untuk memberi asupan makanan yang bergizi pada masa tersebut, hal itu dilakukan sebagai ikhtiar bahwa kondisi kehamilan ibu dan kesehatan saat bayi dan balita menentukan masa depan anak.” Jelas Muslim

Dan jika masa 1000 hari pertama dalam kehidupan tidak dilakukan dengan baik ada kemungkinkan pada saat anak lahir tidak normal dan akan mengalami anak wasting (kurus), Anak Stunting (tinggi tidak sesuai) dan anak kurang gizi (gizi buruk).” Imbuhnya

Diklat atau pertemuan rutin Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2)/Family Development Session (FDS) Program Keluarga Harapan (PKH) pada 28 November 2020 ini. Pertemuan yang berlangsung P2K2/FDS PKH merupakan diklat yang ditujukan kepada pendamping PKH dan para ketua kelompok KPM untuk meningkatkan keterampilan. Dalam diklat tersebut, peserta belajar berbagai teknik antara lain materi Pendidikan dan Pengasuhan anak, materi Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha, materi Kesehatan dan Gizi, materi Perlindungan Anak, dan materi Kesejahteraan Sosial (Disabilitas dan Lanjut Usia). Materi-materi tersebut disampaikan Pendamping kepada para ketua kelompok KPM pada saat kegiatan P2K2/FDS yang berlangsung di Desa Mandalawangi kecamatan Mandalawangi kabupaten Pandeglang, Banten. (Red)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter