BantenPandeglang

Polsek Patia Persiapkan Desa Perdana Menjadi Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya

613views

PANDEGLANG|SOROTDESA.COM, – Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Patia, melaksanakan apel pagi dalam rangka persiapan mewujudkan Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya. Apel dipimpin langsung oleh Kapolsek Patia, Ajun Komisaris Polisi (AKP) M. Samsuri, Kanit Satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara) Iptu Sukoyo.

“Dibentuknya Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya di desa Perdana Kecamatan Sukaresmi tersebut untuk merespon program yang dicanangkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si.,” terang AKP M. Samsuri, Kapolsek Patia di sela-sela apel bersama anggota dan Kepala Desa Perdana serta masyarakat yang diawali dengan pembacaan Do’a oleh Kapolsek selaku pemimpin apel di Kampung Ranca Luluk Rt. 03 Rw. 02, Jum’at (3/7/2020).

Kapolsek Patia AKP M. Samsuri kepada awak media menyampaikan bahwa pembentukan Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya yang dilaksanakan di dua tempat yakni desa Ciawi Kecamatan Patia dan desa Perdana Kecamatan Sukaresmi, dan ini merupakan bagian dari upaya untuk menyongsong tata kehidupan baru atau new normal Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19).

“Dalam rangka persiapan pembentukan Kampung Tangguh Nusantara, kami dari Polsek Patia dan jajaran melakukan peninjauan ke desa Perdana yaitu salah satu desa yang di tujuk” ujar AKP M. Samsuri.

AKP M. Samsuri menjelaskan ditunjuknya desa Perdana sebagai Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya karena kampung tersebut merupakan pemenang juara ke dua lomba Kampung Bersih se Kabupaten Pandeglang.

“Selain sebagai pemenang juara ke dua lomba kampung bersih, ditunjuknya desa Perdana sebagai Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya dinilai lebih siap dan selanjutnya desa tersebut akan dijadikan percontohan bagi desa-desa lain di Kecamatan Sukaresmi,” papar Kapolsek Patia.

Lebih lanjut Kapolsek Patia menuturkan, hal tersebut bermaksud untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam rangka mewujudkan visi penanggulangan bencana yang mana kedepan akan di hadapkan dengan penerapan tatanan normal baru (New Normal).

“Kami akan terus melakukan upaya-upaya pre-emtif, preventif dan memberikan edukasi kepada masyarakat guna menunjang keberlangsungan gerakan dalam upaya mencegah, dan penanggulangan bencana” kata AKP M. Samsuri.

Masih dikatakannya dalam rangka persiapan Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya bersamaan dengan kerja bakti pada hari Jumat dengan gerakan Jumat Bersih bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, bahwa kebersihan lingkungan itu sangat penting.

“Kegiatan dalam rangka persiapan Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya bersamaan dengan kegiatan jum’at bersih yang merupakan program kerja yang dilakukan rutin pada hari Jumat pagi, digunakan untuk melakukan kerja bhakti, membersihkan lingkungan halaman bersama-sama pemerintahan desa dan juga masyarakat,” pungkas Kapolsek Patia AKP M. Samsuri.

Sementara itu, Kepala Desa Perdana Ade Sutisna mengatakan akan terus memberikan pemahaman, dan menghimbau kepada seluruh elemen unsur masyarakat untuk ikut mensukseskan kampung tangguh ini, karena desa kita sudah terpilih untuk menjadi kampung tangguh se-kecamatan Sukaresmi.

“Untuk pembinaanya kita memberikan pemahaman terus menerus kepada masyarakat agar bisa ikut mensukseskan Kampung Ranca Luluk ini sebagai kampung tangguh nusantara kalimaya,” ucap Ade Sutisna.

Ia menjelaskan, Kampung Tangguh diciptakan agar masyarakat melakukan pencegahan dalam rangka mewujudkan visi penanggulangan bencana, yakni mewujudkan ketangguhan bangsa dalam menghadapi bencana.

“Ke depan, dalam kegiatannya, akan memberdayakan seluruh masyarakat untuk sama-sama bergotong royong dalam rangka upaya pencegahan, dan juga ketahanan pangan pada persoalan untuk penanggulangan bencana yang tentunya tentang kesehatan, dan penguatan perekonomian,” ujar Ade Sutisna.

Ade Sutisna mengungkapkan, desa Perdana merupakan percontohan bagi desa lain untuk dijadikan Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya salah satunya pencegahan penyebaran covid-19 dan ketahanan pangan.

“Ketahanan pangan dimaksud dengan pemberdayaan masyarakat seperti ternak lele. Sedangkan untuk pencegahan sadar akan kesehatan salah satunya selain menggunakan masker, juga rajin mencuci tangan,” tutup Ade Sutisna Kepala Desa Perdana Kecamatan Sukaresmi. ( YEYEN / JAKA / SOLEH )

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter