BantenPandeglangPeristiwaSorot DesaSosial

Penyaluran Bansos Rastra di Desa Kadudampit Diduga Melanggar Pedoman Umum dan Petunjuk Pelaksanaan

0views

PANDEGLANG, | sorotdesa.com – Pelaksanaan Penyaluran Bansos Rastra di Desa Kadudampit Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang diduga menyimpang dari Pedoman Umum (Pedum) sebagai acuan pelaksanaanya. Pasalnya lokasi penyerahan Program Subsidi Rastra Tahun 2019 ke Titik Distribusi (TD) dari Perum BULOG kepada Pelaksana Distribusi Rastra yang seharusnya di kantor balai desa yang disepakati tetapi kenyataannya Bansos Rastra tersebut diturunkan di gudang milik Kepala Desa. Senin (20/5/19)

Berdasarkan pantauan tim jurnalis sorotdesa.com dilapangan gudang penampungan Bansos Rastra tersebut di disinyalir menyimpang dari Pedum Program Subsidi Rastra dan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Program Subsidi Rastra yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat dan adanya pengurangan Pagu Rastra untuk alokasi jumlah Keluarga Sasaran Penerima Manfaat Rastra (KPM) atau jumlah beras yang dialokasikan bagi KPM.

Kepada sorotdesa.com Wisnu petugas pengantar Perum BULOG mengatakan Titik Distribusi Rastra diserahkan dirumah Kepala Desa sesuai dari arahan Sekretaris Desa sebagai unsur yang menjalankan tugas sebagai koordinator Pelaksana yang ditunjuk dan ditetapkan oleh Kepala Desa sebagai Pelaksana Distribusi Rastra.

“Ada perubahan titik distribusi sebagai tempat lokasi penyerahan Rastra dari Perum BULOG kepada Pelaksana Distribusi Rastra yang seharusnya di kantor balai desa tetapi dialihkan kelokasi lain yang difasilitasi oleh Kepala Desa digudang miliknya,” kata Wisnu.

Terpisah saat diwawancarai Sekretaris Desa yang yang ditunjuk dan ditetapkan oleh Kepala Desa sebagai
Pelaksana Distribusi Rastra menjelaskan hanya menjalankan tugas sebagai Pelaksana untuk menurunkan Subsidi Rastra di gudang milik Kepala Desa sesuai dengan yang diarahkan Kepala Desa.

“Titik Distribusi (TD) bukan di Kantor Desa tetapi menggunakan fasilitas gudang milik Kepala Desa sebagai tempat atau lokasi penyerahan Rastra dari Perum BULOG kepada Pelaksana Distribusi Rastra yang seharusnya sesuai hasil yang disepakati dikantor desa, Namun dengan alasan keamanan dari permintaannya Kepala Desa diturunkan digudang miliknya” ungkapnya.

Sementara itu, Oom Kepala Desa Kadudampit tidak ada dilokasi Titik Distribusi dan belum bisa dimintai keterangan terkait dugaan penyimpangan pendistribusian Bansos Rastra tersebut.

Hingga kini awak media sorotdesa.com masih menelusuri Penyerahan Rastra di Desa Kadudampit yang Diduga Menyimpang dari Pedum Program Subsidi Rastra dan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) yang tidak disesuaikan dengan Berita Acara Serah Terima Rastra berdasarkan hasil perubahan KPM melalui mekanisme Mudes/Muskel, jika diperlukan adanya perubahan titik distribusi serta adanya indikasi perubahan Daftar Penerima Manfaat Rastra di yang tidak sesuai dengan mekanismenya.

Menanggapi hal tersebut, Sujana selaku Kontrol Sosial dari Jaringan Aspirasi Masyarakat Pandeglang Banten menilai pelaksanaan Program Subsidi Rastra di Desa Kadudampit tidak mengacu kepada Pedum Subsidi Rastra yang merupakan acuan pelaksanaan Program Subsidi Rastra. Namun pihak Desa selaku pemangku kepentingan terkait pelaksanaan Program Subsidi Rastra di wilayahnya sudah keluar dari Pedum dan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak).

“Program Subsidi Rastra tidak mengacu kepada Petunjuk Teknis (Juknis) sebagai penjabaran atas Pedum Program Subsidi disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat berdasarkan Surat Permintaan Alokasi (SPA) dari Bupati atau Pejabat yang ditunjuk serta ditandatangani Perum BULOG dan Pelaksana Distribusi,” Jelas Sujana.

Sujana berharap Dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan dan
Belanja Negara Tahun 2017, maka Program Subsidi Rastra harus dilaksanakan sesuai Pedoman Umum (Pedum) Subsidi Rastra sebagai acuan pelaksanaan.

“Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami mengharapkan Pedoman Umum (Pedum) Subsidi Rastra dijadikan sebagai acuan pelaksanaan,” pungkasnya.

(Kasman)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter