BantenPandeglangPeristiwaPertanianProfilSorot DesaSosial

Penerima Program P3-TGAI Sumber Jaya: Peningkatan Jaringan Irigasi Berkontribusi Untuk Ketahanan Pangan

2views

PANDEGLANG, | sorotdesa.com – Peningkatan jaringan irigasi merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan.

Dana senilai Rp 195.000.000,- yang bersumber dari APBN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jendral Sumber Daya Air (SDA) Balai Besar Sungai Cidanau – Ciujung- Cidurian, Tahun Anggaran 2019, Daerah Irigasi D.I. Cimara yang berlokasi di Desa Padaherang Kecamatan Àngsana Kabupaten Pandeglang diberikan kepada P3-TGAI Sumber Jaya untuk melakukan rehabilitasi jaringan irigasi ataupun peningkatan jaringan irigasi termasuk pemberdayaan masyarakat bertujuan meningkatkan ketahanan pangan para petani, Kamis (20/6/2019).

Kepada awak media sorotdesa.com ketua pelaksana Penerima Program P3-TGAI Sumber Jaya Encun, menyampaikan bahwa peningkatan jaringan irigasi berkontribusi untuk ketahanan pangan dan menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan dimana masyarakat dilibatkan dalam pembangunan irigasi.

“Adanya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) melibatkan kontribusi masyarakat mendukung ketahanan pangan petani,” tutur Encun.

Ketua P3-TGAI Sumber Jaya ini mengatakan, ketahanan pangan dan pertanian menjadi salah satu kebutuhan yang utama, perkumpulan petani pemakai Air bersepakat bekerja sama dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam rangka pelaksanaan pembangunan P3-TGAI serta Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) yang mempunyai tugas melakukan pendampingan secara teknis dan administrasi untuk memanfaatkan air irigasi dan jaringan irigasi.

“Kami bekerjasama mendukung ketahanan pangan dan memninta TPM melakukan pendampingan secara teknis dan administrasi dalam pelaksanaan pembangunan, sehingga hasil dari pelaksanaan tersebut sesuai dengan yang diharapkan dan bisa optimal,” terang Encun.

 

Encun juga menjelaskan, bahwa ketahanan pangan merupakan kebutuhan yang mutlak. Oleh karena itu diharapkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang merupakan salah satu kegiatan dari Program Infrastruktur dapat berjalan lancar dalam pelaksanaannya sesuai dengan kebutuhan dan prinsip kemandirian, demikian kata Encun menyampaikan kepada awak media, Padaherang, Kamis (20/6).

Sementara itu, Ade selaku bendahara P3-TGAI Sumber Jaya sangat mengapresiasi terhadap pemerintah yang sudah merealisasikan program melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jendral Sumber Daya Air (SDA) sebesar Rp 195. 000.000,- di Desa Padaherang Kecamatan Àngsana tersebut.

“Dengan dilaksanakan proyek pembangunan peningkatan jaringan irigasi, diharapkan mampu mendukung ketahanan pangan dibidang pertanian,” tutup Ade.

Baca juga: Program (P3-TGAI) Mekarjaya di Desa Sumurlaban, Membantu Masyarakat Petani Mewujudkan Kemandirian Ekonomi

Baca juga: Kelompok Tani Sababatur: P3-TGAI adalah Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM)

(Udi/Kasman)

Facebook Comments