Baturaja OKU

Pawai Ta’aruf dan Pentas Seni Islam Warnai Peringatan 1 Muharram 1440 Hijriah

0views

BATURAJA OKUSorot Desa, Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, Pemkab OKU bekerjasama dengan BKPRMI OKU menggelar Pawai Ta’aruf dan Pentas Seni Islam yang dimulai dari halaman depan Rumah Dinas Bupati OKU. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati H Kuryana Azis dengan memukul Hadroh dan Pengibaran Bendera Start bertempat di depan Rumah Kabupaten dan finish di Taman Kota Baturaja, Selasa (11/09) pagi.

Dari pantauan, antusiasnya warga dalam mengikuti acara pawai, terlihat dari banyaknya peserta mulai sekolah-sekolah dari tingkat pelajar. Selain itu ada juga dari tingkat TK/TPA yang ada di Baturaja. Hadir dalam acara tersebut Kapolres AKBP Dra NK Widayana Sulandari, Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, Sekda OKU Dr H Achmad Tarmizi, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, Ketua DWP, Ketua BKPRMI OKU Rahmat Subeki, Kabag Kesra Pemkab OKU Kadarisman dan undangan lainnya.

Dalam laporan Ketua pelaksana kegiatan Rahmat Subeki mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka syiar Islam dan untuk memeriahkan tahun baru Islam 1440 Hijriah, ditambahkan Ketua BKPRMI OKU, pawai ta’aruf dan pentas seni Islam ini merupakan puncak kemeriahan peringatan Tahun Baru Islam, sebelumnya untuk menyemarakan tahun baru Islam, BKPRMI juga menggelar kegiatan perlombaan gebyar 1 Muharram telah dimulai sejak satu bulan lalu disetiap kecamatan di OKU.

Gebyar 1 Muharram yang digelar disetiap tingkat kecamatan merupakan yang pertama kali di laksanakan, sedangkan untuk pawai ta’aruf sudah dilaksanakan sejak tahun 2010, gebyar 1 Muharram ini sengaja kita laksanakan dari tingkat Kecamatan, hal ini agar peringatan tahun baru Islam betul-betul terasa hingga kepelosok daerah di Kabupaten OKU, ujarnya.

Ditempat yang sama, Bupati OKU H Kuryana Azis sangat mengapresiasi kegiatan yang telah digelar oleh BKPRMI OKU, kegiatan ini merupakan hal yang positif untuk mensyiarkan agama Islam. Bupati OKU melanjutkan, peringatan tahun baru Islam ini tidak ada bedanya dengan peringatan tahun baru Masehi, namun menurutnya peringatan Tahun Baru Islam ini kadang terlupakan oleh masyarakat, padahal seharusnya sebagai umat muslim kegiatan ini sangat baik untuk membesarkan dan mensyiarkan Islam.

Diharapkan kegiatan pawai ini bisa menjadi bagian untuk meningkatkan kesadaran generasi untuk memperdalam pengetahuan tentang Islam. Supaya semangat untuk menjalankan syariat Islam itu semakin hari semakin baik, kecintaan terhadap agama Islam juga semakin hari kian baik.

Bila seluruh umat terus-menerus memperbaiki diri untuk menjalankan syariat agamanya, maka tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara ini juga akan semakin tertib. Sebab setiap ajaran agama manapun pasti mengatur tentang ketertiban, menjaga kerukunan dan sebagainya.

Kalau sejak dini dibekali dengan pengatahuan agama yang banyak, mudah-mudahan nanti mereka bisa menjadi generasi yang bertaqwa dan berkarakter kuat. Harusnya peringatan tahun baru Masehi dan tahun baru Islam jangan dibedakan, Bupati sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan yang telah dilaksanakan setiap tahun. Kepada para peserta, Bupati berpesan, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan tertib dan aman. Mari kita ikuti kegiatan ini dengan aman dan tertib, apa lagi ini dijalan raya tolong tetap jaga keselamatan dan keamanan, tutupnya.

Lip : (SD)

Facebook Comments