Uncategorized

ORMAS PEMUDA PANCASILA RANTING PASIRGADUNG PRAKARSAI SOSIALISASI PROGRAM TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH TERPADU (TPST)

5views

TANGERANG | Sorotdesa.com – Pemuda Pancasila adalah ormas nasional yang semakin berkembang secara menyeluruh di peloksok negeri tercinta. Bahkan semakin melebarkan sayapnya di tingkat kabupaten, bahkan sampai di beberapa kecamatan, desa atau ranting, termasuk di Kabupaten Tangerang Propinsi Banten.

Salah satu ranting Pemuda Pancasila yang ada di Kecamatan Cikupa yakni ranting Pasirgadung, selain aktif di bidang keorganisasian dan lainnya, ranting ini juga telah memberi warna baru dalam hal kegiatanya, yakni telah mempelopori dan menginisiator program kegiatan  Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Desa Pasirgadung.

Ranting Pasirgadung sebagai pencetus dan pelopor kegiatan ini berorientasi kepada kepedulian lingkungan, ormas ini berawal dari pembinaan, keteladanan, dan jiwa organisasi dalam kebersamaan akhirnya mampu bersinergi dengan masyarakat. Dan salah satu bukti adanya sosialisasi program sosial mengenai sampah inilah bentuk kepedulian kepada Masyarakat Desa Pasirgadung.

Kegiatan lain yang sudah dilaksanakan diantaranya seperti gotongroyong, penyemprotan nyamuk (pogging), acara peringatan hari besar Islam, dan sebagainya. Ormas tersebut selalu eksis berperan di masyarakat.

Pada hari Minggu (22/12/2019) bertempat di aula kantor Desa Pasirgadung telah berlangsung sosialisasi program Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang dipandu langsung oleh Nara sumber SUPARNO  dari TPST Mustika Tigaraksa Tangerang.

Dalam panduannya nara sumber tersebut menyampaikan di Kabupaten Tangerang sudah ada 27 TPST  tetapi yang berjalan baru 7 TPST,  faktor kepedulian  terhadap lingkungan, serta management  yang baik dan amanah adalah kunci utama berjalannya program tersebut, koordinasi yang baik dengan fasilitas yang cukup juga pekerja yang berjiwa sosial serta tanggung jawab itu akan menunjang suksesnya penerapan pelaksanaan di dalam kegiatan sosial ini, tuturnya.

Diperlukan kerja keras dan ketekunan dari pekerja dan pengurus karena di sana nanti ada pengumpulan sampah  pemilahan sampah organik dan non organik  pendauran ulang sampai ke pemrosesan akhir menjadi kompos.

Dalam acara tersebut  uraian teknik dari mulai pemilahan sampah sampai terjadinya kompos diikuti dengan seksama oleh masyarakat yang hadir,  pemaparan beliau  menjadikan ilmu yang bermanfaat untuk solusi penanggulangan sampah terpadu diwilayah kabupten Tangerang dan sekitarnya.

Kepala Desa Pasirgadung  H.Hamdan  menyambut baik kegiatan tersebut dalam keteranganya melalui perwakilannya yakni ketua BPD Desa Pasirgadung H.Dahlan, S.Pd menuturkan semakin padatnya penduduk ini berdampak kepada bertambahnya sampah di masyarakat yang harus kita Carikan solusinya, kami selalu berupaya untuk oenanggulanganya , dan hari ini ada sosialisasi  program tempat pengolahan sampah terpadu (TPST), artinya di sini bisa kita olah dalam satu tempat yang tadinya sampah sampai menjadi kompos, ini sangat kami dukung dan ucapan terimakasih kepada pemuda Pancasila ranting Pasirgadung selaku pelopor dan pencetus kegiatan ini, dan juga kepada elemen masyarakat, kita harus terus  bekerjasama dengan unsur yang sudah ada demi terciptanya kemajuan untuk Desa Pasirgadung,  imbuhnya.

Staf Desa beserta ketua BPD dan jajaranya yang hadir dalam acara tersebut memberikan suport kepada Pemuda Pancasila agar terus memberikan kontribusinya kepada masyarakat, saling bahu membahu untuk terus berperan aktif di masyarakat, ungkap ketua BPD.

Ketua ormas pemuda Pancasila ranting Pasirgadung, Ahmad mukni yang hadir beserta jajaranya termasuk penasehat ranting Kusnadi, Sekjen DIDI, juga hadir dari PAC Cikupa DADI HARYADI, setelah kami studi banding ke TPST Mustika Tigaraksa  kami merasa lebih bertanggung jawab dan peduli kepada lingkungan kami khususnya mengenai penanggulangan sampah yang akhirnya kami berencana melaksanakanya di wilayah kami, dengan rasa kepedulian dan cinta lingkungan di sinilah kita buktikan bahwa ormas Pemuda Pancasila selalu berperan aktif untuk Masyarakat Pasirgadung, tutur ketua Ahmad Mukni.

Hal senada juga dilontarkan oleh ketua penasehat ranting, Kusnadi. Menurutnya Pemuda Pancasila Pasirgadung telah berkiprah dalam kegiatan-kegiatan yang positif untuk Desa Pasirgadung, membangun kebersamaan serta berkomitmen agar selalu eksis di masyarakat dan menjadikan manfaat untuk masyarakat Pasirgadung dan sekitarnya, ungkapnya.

(Jhody)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter