BantenLebak

Minimnya Jaringan Internet Aktivitas KBM di Wilayah Cikulur Terganggu

85views

LEBAK,- Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah serta program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau: (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antar daerah, atau pun kesenjangan antar kelompok berdasarkan atribut tertentu).

Asesmen Nasional bertujuan juga untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

“Terutama adalah pasilitas jaringan atau signyal (network), dan keluhan di wilayah kami yaitu terkait pada jaringan atau signyal WiFi yang sangat lemah dan tidak normal, sehingga kami sangat berharap kepada instansi atau pihak terkait, untuk segera memberikan pasilitas jaringan atau signyal yang baik dan kuat (normal), khususnya di wilayah kecamatan Cikulur kabupaten Lebak provinsi Banten. Sehingga kami semua mendapatkan jaringan dan signyal yang kencang dan kuat, seperti layaknya di wilayah-wilayah yang lain,” ungkap Nurhalim S, Ag, Kepala Sekolah SDN 1 Tamanjaya yang juga perwakilan dari 24 kepala sekolah SDN, Kamis (02/9/2021) di SDN 1 Cikulur, Lebak, Banten.

Nurhalim berharap dengan pertemuan ini pihak terkait dapat merealisasikan apa yang telah disampaikan.

“Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat segera di tindak lanjuti dan di realisasikan dengan segera, khususnya kepada pihak terkait dalam memperbaiki dan meningkatkan jaringan atau signyal yang berada di wilayah kecamatan Cikulur kabupaten Lebak provinsi Banten,” tandasnya. (Red)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter