BantenPandeglangPemerintahan

Kepala Desa Rahayu – Patia Selalu Upayakan, Transparansi Pengelolaan Dana Desa Terutama Pembangunan Balai Desa

742views

PANDEGLANG, | sorotdesa.com – Kepala desa Rahayu Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang, Sarmin berusaha selalu mengedepankan transparansi dalam pelaksanaan kegiatan pekerjaan pembangunan yang bersumber dari dana desa. Hal itu terbukti dengan upaya pemasangan papan informasi proyek yang dilakukan dari tahapan pelaksanaan awal sampai akhir kegiatan, Senin (15/7/2019).

Dari hasil pantauan awak media sorotdesa.com dilapangan proses Pelaksanaan Pembangunan Balai Desa, dalam kegiatan pekerjaannya berjalan lancar dan masyarakat sekitar ikut serta berpartisipasi dan mengapresiasi positif terhadap pekerjaan yang sedang berjalan tersebut,

Sarmin, Selaku Kepala Desa Rahayu mengatakan, jika dana desa ini sangat strategis untuk pembangunan desa. Bahkan setiap tahun alokasi dana desa di APBN terus meningkat, dengan dasar dan alasan tersebut maka dalam pengelolaannya selalu berusaha untuk transparansi.

 

“Semaksimal mungkin penggunaan dana desa dikelola secara transparan dan akuntabel. Sebab, dana desa harus  sampai ke rakyat dan dirasakan manfaatnya,” ,” ujar dia.

Dia mengingatkan jika mekanisme penggunaan dana desa dan laporan pertanggungjawabannya selama ini sudah berjalan dengan baik dan upaya transparansi sudah diupayakan karena harus jelas. Sebagai penanggungjawab pemerintahan desa selalu memastikan dan kroscek kelapangan dan akan terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak demi memaksimalkan pemanfaatan dana desa.

“Sinergi yang baik antara tim perlu dibangun, sehingga pelaksanaan kegiatan pembangunan desa dapat terwujud dan terlaksana dengan baik, serta masyarakat sekitar dan para perangkat desa ini bisa saling mengapresiasi,” beber Kepala Desa Rahayu.

 

Dia turut menegaskan komitmennya menyukseskan program dana desa adalah kewajiban yang harus dilaksanakan, karena dana desa yang digunakan untuk pemberdayaan masyarakat desa dan pembangunan Desa.

“Saya berkomitmen akan terus mensukseskan dalam penyerapan anggaran dana desa dan menjalankan dengan baik realisasi dana desa tersebut.  Hal ini sejalan dengan cita-cita Nawacita Presiden Jokowi tentang membangun dari pinggiran, yaitu pembangunan desa,” tegasnya.

Lebih lanjut sarmin menjelaskan dana desa harus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat dan proses kegiatan pelaksanaan pembangunan dapat dijadikan ajang keseriusan dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Sehingga untuk bersilaturahmi dengan masyarakat.

“Untuk itu, pembangunan desa yang bersumber dari alokasi dana desa diharapkan memperhatikan kualitas pembangunan di perdesaan dan dana desa yang dialokasikan harus dikelola secara benar,” paparnya.

Ia juga mengingatkan soal peran kepala desa yang begitu penting dalam penggunaan dana desa demi mendorong percepatan pengentasan kemiskinan dan pembangunan infrastruktur di setiap desa.

“Aktor utama dalam proses pembangunan desa dan pengelolaan dana desa adalah kepada desa, untuk itu secara konsisten dana desa cukup efektif dalam pengentasan kemiskinan maupun pembangunan infrastruktur. Hal itu dapat dilihat dari jumlah desa tertinggal menjadi desa berkembang,” pungkas dia.

Sementara, Samlawi Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) ketika dikonfirmasi disela-sela pembangunan kantor desa mengatakan, pembangunan kantor desa rahayu sudah transparan, itu terbukti dari awal kegiatan sampai saat ini papan informasi proyek terpasang ditempat yang mudah diakses oleh pihak kontrol sosial dan masyarakat merasa terbantu dengan adanya keterbukaan tersebut.

“Dari awal sampai saat ini proses pekerjaan kantor desa ini berjalan lancar dan sudah cukup transparan kepada publik,” ungkap Samlawi.

Terpisah Sarmani warga masyarakat sekitar saat diwawancarai mengatakan hal yang sama, pembangunan kantor desa tersebut sudah transparansi dan berjalan dengan baik.

“Wujud dari pembangunan desa yang transparan dan akuntabel sudah tercipta di desa Rahayu. Hal itu terlihat dari fakta yang membuktikan bahwa dalam pelaksanaannya dari awal sampai saat ini sudah terpasang papan informasi proyek dilokasi kegiatan,” katanya.

(Kasman)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter