BantenPandeglang

Jelang Pemilukada, Ratusan Panitia Pemungutan Suara Jalani Rapid Test

308views

PANDEGLANG,- Menjelang pelaksanaan Pilbup Pandeglang pada tanggal 9 Desember mendatang, seluruh anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) menjalani rapid test pada Kamis 26 November 2020.

Sebagai upaya menjamin pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang sehat pada 9 Desember 2020 mendatang, KPU kabupaten Pandeglang bekerja sama dengan tim petugas rapid test laboratorium Serang Banten, melakukan tes cepat deteksi Covid-19 (rapid test) massal kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas ketertiban Tempat Pemungutan Suara atau TPS Pilbup Tahun 2020.

Ketua KPU kabupaten Pandeglang, Ahmad Sujai menyampaikan, tes cepat bagi KPPS dan petugas ketertiban TPS yang akan bertugas di TPS tersebar di seluruh kecamatan ini penting untuk mengantisipasi jika memang ada anggota yang reaktif. Sehingga dapat dengan cepat dilanjutkan dengan tes usap (swab test).

“Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan, agar Pilkada tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19.” Ungkap Ahmad Sujai saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (26/11/2020).

Dijelaskan, apabila hasil tes cepat menyatakan ada anggota KPPS dan petugas ketertiban TPS yang dinyatakan reaktif, maka KPU tidak serta merta akan mengganti. Namun yang bersangkutan diminta untuk menjalani swab tes dan isolasi mandiri selama 14 hari. Ia menambahkan, sebelumnya, badan Adhoc yang lebih dulu bertugas seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga telah menjalani tes cepat serupa sebelum bertugas.

“Kegiatan rapid test serupa juga sudah kami lakukan untuk PPS, PPK sejak beberapa bulan lalu. Dari hasil rapid test, jika ada yang reaktif, KPPS tidak bisa langsung dicari penggantinya. Maka yang bersangkutan ditindaklanjuti dengan swab test dan diminta isolasi mandiri selama 14 hari. Masih ada waktu sebelum yang bersangkutan kembali mengikuti bimtek dan rakor persiapan pilkada,” ungkapnya.

Ahmad Sujai berharap, para petugas KPPS dan petugas ketertiban TPS yang menjalani tes cepat, datang sesuai waktu yang telah dijadwalkan. Juga menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, tetap menjaga kesehatan dan imun tubuh.

Sementara Ketua PPK Kecamatan Mandalawangi Khaerudin berterima kasih kepada unsur Muspika kecamatan Mandalawangi atas terlaksananya kegiatan rapid test dan sudah memfasilitasi, begitu antusiasnya para KPPS dan petugas ketertiban TPS di wilayah kecamatan Mandalawangi.

“Alhamdulillah rapid test sebanyak 998 orang hari ini berjalan sesuai dengan rencana, dimana peserta rapid test begitu antusias dan mengikuti protokol kesehatan, ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Camat Mandalawangi yang telah memfasilitasi tempat untuk dilaksanakan rapid test,” ucapnya

Dia juga berharap, “Semoga hasil rapid test ini sesuai dengan harapan, tidak ada yang reaktif dan semoga apa yang kita lakukan hari ini mendapatkan ridho dari Allah SWT,” pungkas Khaerudin saat ditemui dilokasi Rapid Test.

Rapid test ini diselenggarakan oleh KPU kabupaten Pandeglang melalui PPK Kecamatan Mandalawangi. (Red)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter