Kabupaten Tangerang

Diduga Ada Manipulasi Data Dalam Pemilihan RT, Kades Pasir Gadung Serukan Pemilihan Ulang

542views

TANGERANG, | sorotdesa.com – Buntut terjadinya kekisruhan pemilihan RT 04 RW 01 Kepala Desa Pasir Gadung, H. Hamdan, SH, lakukan rapat koordinasi di Aula Kantor Desa, Kamis (28/03/19).

Kepala Desa H. Hamdan memimpin langsung jalannya rapat itu dan melibatkan Binamas, Babinsa, BPD, Sekdes, RW, Jaro dan perwakilan warga setempat.

Rapat yang digelar sejak jam 09.00 tersebut adalah membahas seputar permasalahan mekanisme pemilihan RT yang tidak mengikuti peraturan desa.

 

Dari hasil rapat tersebut menghasilkan keputusan kemufakatan warga yang menghadiri untuk dilakukan pemilihan ulang, dan pemilihan yang sudah berlangsung dinyatakan gugur dan cacat hukum.

Dalam keterangannya Kepala Desa Pasir Gadung menyampaikan, “Sesuai aturan yang ada, pemilihan setingkat RT semestinya berdasarkan aturan yang ada. Sudah berkoordinasi dengan camat cikupa bahwa pemilihan RT yang di lakukan di RT 04/ RW 01 dikatakan cacat hukum tidak syah tidak diketahui aparat desa yang hadir dalam pemilihan itu dan anehnya tandatangan Jaro setelah pemilihan RT terpilih atau selesai “ terangnya.

Masih lanjut kepala desa, ” Pemilihan RT tersebut dilakukan aka pemilihan ulang dan pembentukan panitia pemilihan RT di buka pendaftaran selama 3 hari setelah terbentuknya panitia pemilihan RT dan di sepakati oleh warga yang hadir dalam acara tersebut”  pungkasnya.

Menurut keterangan dilapangan, kejadiannya berawal ketika Pejabat RT setempat meninggal dunia dengan inisial (H. DN) seorang RT yang masih menjabat dan belum habis masa jabatannya dan masih dalam suasana berduka belum juga genap 40 hari.

Diduga ada salah satu oknum yang mempunyai kepentingan sehingga melakukan pengerahan warga untuk melakukan pergantian RT tersebut. Dan anehnya tidak adanya pertemuan warga sebelumnya, tetapi ada rapat dadakan dan langsung dilakukan voting dan ada beberapa warga yang tidak hadir akan tetapi terdapat tanda tangan warga yang tidak hadir dalam absensi rapat atau musyawarah bersama tersebut.

Musyawarah yang tidak sewajarnya yang membahas masalah pergantian RT yang tepatnya di RT 04/01 di Kp. Pengkolan, Desa Pasir Gadung, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Dari catatan yang tertulis Pertemuan pertama dihadiri 40 orang pada tanggal 13/02/19.

Pertemuan kedua di hadiri 50 orang pada tanggal 27/02/19.

Dari data sebenarnya jumlah KK sendiri dalam satu RT untuk RT 04/01 200 lebih dari 300 KK. Menurut peraturan yang berlaku tidak mencukupi kuota untuk presentasi dalam hal pemilihan RT, yang seharusnya dihadiri 2/3 kehadiran dari jumlah KK yang ada di RT tersebut.

Bahkan disinyalir ada absensi kehadiran beberapa warga yang dipalsukan tandatangannya dalam pertemuan tersebut, terlebih lagi hasil daripada pemilihan dilakukan dengan cara Voting dan masalah tempat pelaksanaanya tidak sesuai aturan yang ada mereka melakukan rapat pemilihan RT tersebut di mushola wilayah setempat.

(Idr)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter