BantenPandeglang

Curug Tomo dan Leuwi Bumi Potensi Wisata Baru di Desa Ramea

178views

PANDEGLANG,- Desa-desa di Pandeglang menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Keindahan alam yang asri dapat memanjakan mata para wisatawan siapa saja yang datang, menjadikan desa-desa di Pandeglang, Banten, menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya di Kp. Pamatang Kandis Desa Ramea, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang yang memiliki destinasi wisata Curug Tomo dan Leuwi Bumi. Udara sejuk, pemandangan dengan deretan pohon rindang yang mempesona menjadi nilai plus destinasi wisata tersebut.

Menurut Tokoh Banten H. Embay Mulya Syarif dengan menggali potensi wisata di desa-desa, ketimpangan ekonomi masyarakat perdesaan dan perkotaan dapat ditekan.

“Ekonomi kemasyarakatan adalah sebuah perekonomian yang tangguh, sekalipun diterjang oleh badai politik, sekalipun diterjang oleh multikrisis, ekonomi kerakyatan harusnya menjadi ekonomi yang tangguh,” kata H. Embay.

Ia mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi maupun Pemkab Pandeglang harus intens mengembangkan destinasi wisata di perdesaan. Hal itu dilakukan untuk membuka lapangan kerja di perdesaan sekaligus pemberdayaan masyarakat di sekitar destinasi wisata.

“Kolaborasi harus tetap dijunjung tinggi dalam pengembangan wisata di desa dengan keterlibatan masyarakat sekitar destinasi wisata dalam semua kegiatan pariwisata,” ucapnya, Senin (11/01/2021).

Jika desa-desa di Pandeglang khususnya dan Banten pada umumnya dapat mengembangkan potensi pariwisata, H. Embay optimistis ketimpangan ekonomi masyarakat perkotaan dan perdesaan dapat dipangkas dengan cepat.

Ia menambahkan, sungai Cikalumpang merupakan salah satu dari 12 sungai yang bermuara di Rawadano. Hulu sungainya berada di Desa Cikumbueun dan Desa Ramea Kec Mandalawangi Kabupaten Pandeglang. Saat ini telah ada Destinasi wisata di Desa Ramea yaitu Curug Leuwi Bumi.

“Mudah-mudahan masyakarat sekitar bisa meningkat kesejahteraanya dengan banyaknya kunjungan Wisatawan dan tetap memelihara kelestarian Alam,” imbuhnya

Terakhir ia berharap agar semua kita bisa menjaga kebersihan dan keamanan, jangan dijadikan akses minuman keras, atau narkoba apalagi tindakan asusila/mesum serta perilaku maksiat lainnya.” Tutur Embay Mulya Syarif. (SN)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter