BantenPandeglang

Cegah Covid-19 Klaster Pesantren, Kemenag Pandeglang Sederhanakan Peringatan Hari Santri

178views

(Suasana upacara hari santri di MTsN 7 pandeglang-foto sn)

PANDEGLANG,- Untuk mencegah munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 di lingkungan pondok pesantren, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang menyederhanakan peringatan Hari Santri tahun 2020 yang diadakan secara serempak, Kamis (22/10/2020).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang H Endang menyatakan tahun ini instansi yang dipimpinnya tidak menyelenggarakan upacara bendera seperti yang biasa diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan lainnya seperti lomba dan gerak jalan juga ditiadakan.

“Sesuai edaran dari pusat, tahun ini Kemenag Pandeglang upacaranya bergabung secara virtual dengan Upacara Hari Santri 2020 yang digelar di halaman Kantor Kementerian Agama RI di Jakarta,” jelas H Endang yang mengikuti langsung upacara virtual tersebut secara khidmat bersama Kasubbag Tata Usaha H Asep Mulyadi.

Penyederhanaan ini, jelas H. Endang, selaras dengan perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Provinsi Banten oleh Gubernur Banten sampai 19 November 2020. Penyederhanaan juga dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pandeglang. “Dengan penyederhanaan ini diharapkan pondok pesantren di Kabupaten Pandeglang tidak memunculkan klaster baru penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Beberapa hari sebelum peringatan Hari Santri, jelas H. Endang, pihaknya telah menginstruksikan pimpinan pondok pesantren dan santri di Kabupaten Pandeglang untuk mengikuti upacara virtual yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI. Sedangkan bagi madrasah dan pondok pesantren yang akan menyelenggarakan upacara secara mandiri non virtual diharuskan mengikuti protokol Covid-19 secara ketat.

(Kepala Kankemenag sedang mengikuti upacara daring hari santri bersama kemenag RI_foto sn)

Madrasah yang menyelenggarakan Upacara Hari Santri secara mandiri antara lain MTsN 7 Pandeglang di Angsana, MTsN 2 Pandeglang di Labuan dan MIN 2 Pandeglang di Mandalawangi. Upacara yang dilaksanakan diikuti guru, tata usaha dan siswa dalam jumlah yang terbatas dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak.

Sedangkan pondok pesantren yang melaksanakan Upacara Hari Santri umumnya merupakan pondok pesantren yang memiliki siswa pendidikan formal. Antara lain Pondok Pesantren Turus Kecamatan Pandeglang, Kun Karima Kecamatan Majasari, An-Nahl Kecamatan Cikeusik, Al-Ihya Kecamatan Cisata, Miftahul Hidayah Kecamatan Sobang dan As-Syifa Kecamatan Panimbang.” Pungkas H Endang Kemenag Kab. Pandeglang. (SN)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter