LampungSorot DesaSosialTanggamus

Bupati dan Forkopemda Tanggamus Hadiri Halal Bihalal Pemprov Lampung

0views

TANGGAMUS | sorotdesa.com – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani bersama Forkopimda Tanggamus menghadiri Kegiatan Halal Bihalal Pemprov Lampung di Halaman Kantor Gubernur Lampung di Teluk Betung, Kamis (20/6/19).

Kegiatan ini dihadiri juga oleh seluruh Bupati dan Wali Kota serta Forkopimda Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung.

Turut hadir dari Kabupaten Tanggamus, Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Ketua Dekranasda Tanggamus Nuraini Lubis, para Asisten, Staf Ahli Bupati dan seluruh Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Dalam Sambutannya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan, atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Provinsi Lampung, bersama Wakil Gubernur Lampung mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dan Mohon Maaf Lahir dan Batin.

“Halal Bihalal merupakan hal yang positif yang dilakukan pada setiap Hari Raya Idul Fitri, dalam rangka menyempurnakan atau bagian dari kemenangan dan kesucian yang diraih setelah melaksanakan puasa selama bulan Ramadhan.

Oleh karenanya dengan halal bihalal yang kita lakukan, dapat saling membersihkan diri dengan tulus ikhlas, saling meminta maaf maupun memberikan maaf kepada sesama atas segala khilaf dan dosa yang pernah kita lakukan selama ini,” Ujar Gubernur.

Dengan halal bihalal, lanjut Gubernur, diharapkan juga dapat membuka hati, pikiran dan perilaku dalam semangat kebersamaan dan persaudaraan, sehingga kita semua termasuk orang yang meraih derajat taqwa kembali kepada fitrah dan mahluk yang suci.

“Selain sebagai tradisi, halal bihalal yang kita lakukan ini juga menjadi wahana silaturahmi juga sebagai momentum wahana untuk membangun persaudaraan antar umat beragama di Provinsi Lampung khususnya dan di Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Menutup sambutannya Gubernur memohon do’a dan dukungannya. “Selaku Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, kami meminta do’a dan dukungannya, serta mengajak kepada semua pihak untuk bekerjasama serta membuka lembaran baru, bahu membahu membangun Lampung. Demi terwujudnya rakyat Lampung berjaya, masyarakat aman, berbudaya, maju dan berdaya saing serta sejahtera,” pungkasnya.

Sementara dalam tausiah yang disampaikan oleh Ustad Soleh Mahmud atau yang akrab disapa Ustad Solmet, beliau menyampaikan bahwa halal bihalal merupakan warisan dari para Ulama terdahulu. “Dengan halal bihalal, yang meminta maaf tidak akan dijatuhkan harga diri serta kehormatannya dan yang memaafkan akan di tempatkan pada posisi yang mulia Oleh Allah SWT,” ujarnya.

Beliau juga mengajak kepada para Pemimpin dan seluruh jajaran pegawai di Provinsi Lampung, untuk ikhlas dan sabar dalam menjalankan amanah yang telah dipercayakan. “Karena jabatan Pemimpin adalah untuk melayani masyarakat, bukan untuk dilayani,” imbuhnya.

Sebelumnya dalam kegiatan Halal Bihalal ini juga dilakukan pembacaan Ayat suci Alqur’an yang khusyu didengarkan oleh Gubernur dan semua yang hadir. Selain itu lantunan lagu-lagu nasyid juga secara merdu dibawakan oleh The Sultan Gambus yang menambah kesyahduan acara.

Kegiatan ditutup dengan tradisi bersalam-salaman antara Gubernur didampingi Wakil Gubernur dan Forkopimda Provinsi Lampung, dengan semua yang hadir.

(Red)

Facebook Comments