Kuningan

400 Peserta Sambut Kepulangan 40 ODGJ Paska Rawat Dan Evakuasi Kembali 48 ODGJ Untuk Dirawat Bersama RSMM

194views

KUNINGAN, | sorotdesa.com – 400 Peserta dan kendaraan penuh sesak berkerumun menempati pelataran UPTD Puskesmas Manggari, yang beralamat di Jl. Jl.Raya Pancasila No.01 Desa Manggari Kec. Lebakwangi Kab. Kuningan, yang terdiri dari petugas Pemda, Dinkes, Dinsos, Puskesmas, Keswa, PSM, TKSK, PD, TNI, Linmas, Kader, Relawan dan ke-40 keluarga ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). Mereka siap mengukuti kegiatan Serah Terima 40 ODGJ Paska Rawat dan Evakuasi ODGJ Kabupaten Kuningan.

Serah terima 40 ODGJ Paska rawat RS.Dr. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor yang digelar hari Selasa, 13 Agustus 2019 pkl.15.00 WIB, di fasilitasi oleh Teti Suryati sebagai Pengelola Program Keswa & Napza. Iyep Yudiana sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat, yang mewakili RSMM, menyerahkan ke-40 ODGJ paska rawat untuk dilakukan tindak lanjut penanganan paska rawat kepada Endi Susilawandi sebagai Kabid Rehabsos Dinsos yang mewakili Pemkab Kab. Kuningan, menerima ke-40 ODGJ untuk diserahkan kembali kepada keluarga masing-masing.

14 Petugas Kesehatan Jiwa Masyarakat RSMM yaitu dr. Widi Primaciptadi, Sp.KJ sebagai Psikiater yang didampingi Dokter Umum, Promkes, Perawat Jiwa, Sosial Wolker, Administrasi Pasien dll, mulai melakukan pendaftaran, verifikasi berkas jaminan, pemeriksaan pasien dan penetapan peserta rawat, yang dilakukan di UPTD Puskesmas Manggari hari Rabu 14 Agustus 2019, dalam kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ Kab. Kuningan Periode 2, berhasil memeriksa dan menetapkan 48 ODGJ untuk dilakulan evakuasi dan perawatan di RSMM.

Toni Kusumanto, sebagai Kabag Kesra Pemkab Kuningan dalam sambutannya mengapresiasi pelayanan kesehatan jiwa yang dilakukan RSMM untuk masyarakat, menuju Kabupaten Kuningan Bebas Pasung Tahun 2019, dan menyerahkan ke-48 ODGJ Kab. Kuningan untuk dilakukan evakuasi, perawatan dan pengobatan di RSMM. Iyep Yudiana yang mewakili RSMM, menerima ke-48 ODGJ dan menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama pelayanan kesehatan jiwa di Kab. Kuningan yang telah sukses dilaksanakan.

Diskusi rencana tindaklanjut yang dihadiri oleh 25 peserta yang terdiri dari para keswa dari Puskesmas Cidahu, Garawangi, Ciawigebang, Sindangagung, Kuningan, Darma, Cihaur, Cimasi, Selajambe, Sukamulya, Widusangkahan, Lamepayung, Cilimus, Cigandamekar, Pancalang, Subang dan Maleber, yang di pimpin oleh Ence Hidayat Rohana sebagai Kasie Rehabsos dan Penyandang Disabilitas dan di fasilitasi oleh Iyep Yudiana.

Dan menghasilkan beberapa kesepakatan yaitu Serah Terima kembali 48 ODGJ Paska Rawat RSMM dan Kegiatan Evakuasi Periode 3, akan kembali digelar di Gedung Wanita, yang beralamat di Komplek KIC Jl. Ir. Sukarno Kuningan, pada hari senin dan selasa, tgl 09 dan 10 September 2019. Kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat terselenggara atas kerjasama Pemkab. Kuningan dan RSMM, untuk mewujudkan Kab. kuningan bebas ODGJ dan Pasung 2019.

✋ Stop Pasung
💪 Sehat Jiwa
🤝 Pulih, Produktif dan Mandiri.

BY. KJM&PKRS RSMM.(Red)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter