RedaksiSukabumi

35 Peserta Hadiri Rakor Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat Bersama RSMM, Menuju Kota Sukabumi Bebas Pasung 2019

107views

SUKABUMI, | sorotdesa.com – Rapat Koordinasi (Rakor) Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat Bersama RSMM, Menuju Kota Sukabumi Bebas Pasung Tahun 2019, digelar di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan Jl. Surya Kencana No.41 Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2019) pukul 11.00 wib.

Rakor di hadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan seksi P2PTM Keswa, seksi penjaminan, Dinas Sosial, Polisi, TNI, Satpol PP, Keswa Puskesmas, Panti Sosial, Relawan Sehati atau Olokejo, TKSK, PSM dan RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dr. Ritaneni, MH., yang membuka langsung acara rakor dengan menyampaikan, ” berdasarkan data bahwa ada 314 ODGJ yang tercatat di Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dan Kadinkes berharap kegiatan rakor ini, merupakan langkah awal promosi peningkatan pelayanan kesehatan jiwa untuk masyarakat Kota Sukabumi,” jelasnya.

Sementara Pemaparan pelayanan kesehatan jiwa yang sudah di lakukan oleh Dinkes Kota Sukabumi disampaikan oleh Indra Permana, SKM., sebagai Kepala Seksi PTM Keswa.

Sedangkan penyampaian Promosi Kesehatan Jiwa Masyarakat dari RSMM disampaikan oleh Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai Promotor Keswa RSMM yg di tambahkan oleh Ns. Ketut Sudiatmika, S.Kep. M.Kep. Sp.Kep.J., sebagai Ka. Instalasi KJM & PKRS RSMM, membahas tentang Profile RSMM, Layanan RSMM, Kegiatan Kerjasama Lintas Sektoral, Promosi Kesehatan, Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ, dan lain lain.

Rakor diramaikan dengan diskusi tanya jawab yang di pimpin oleh Iyus Yustiandi, SKM, sebagai moderator yang mengupas seputar permasalahan kesehatan jiwa yang nyata di kota sukabumi, masalah penanganan ODGJ Pasung, ODGJ Terlantar, Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), BPJS, Penanganan ODGJ di RSUD, di Puskesmas, di Panti Sosial dan lain lain.

Kesimpulan akhir dari rakor tersebut mengerucut pada komitmen Kota Sukabumi yang akan menjadikan Kota Sukabumi bebas ODGJ Pasung Tahun 2019, dengan beberapa langkah aksi nyata yaitu kegiatan Promosi Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ, yang segera akan diagendakan, terkait  waktu dan tempatnya akan di sepakati bersama;

Di penghujung acara Rakor ditutup dengan do’a dan sesi photo bersama dengan seluruh peserta Rakor, dengan semangat meneriakkan jargon yang khas yaitu :

✋ Stop Pasung
💪 Sehat Jiwa
🤝 Pulih, Produktif, mandiri

BY. KTM & PKRS RSMM (red)

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter