IndramayuJawa BaratSorot DesaSosial

100 ODGJ Beserta 7 ODGJ Pasung di Kota Mangga Indramayu, Siap Tangani Bersama RSMM

0views

INDRAMAYU | sorotdesa.com, – Sedikitnya 100 ODGJ/PDM (Orang Dengan Gangguan Jiwa / Penyandang Disabilitas Mental) dan 7 ODGJ/PDM Pasung yang setidaknya terdata oleh Dinas Sosial Kab. Indramayu, yang tersebar di 31 Kecamatan dengan sekitar 60 Puskesmas di Kab. Indramayu.

Data tersebut terungkap saat dilaksanakan pertemuan Rapat Koordinasi (Rakor) Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat antara RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) dengan Dinas Sosial Kab. Indramayu, yang digelar di Gedung Dinsos Jl. Raya Pabean No.8 Kab. Indramayu.

15 Peserta yang terdiri dari Petugas Dinsos, TKSK, PD, PSM, Penyuluh Sosial dan RSMM hadir dalam rakor yang digelar pada Hari Rabu, 07 Agustus 2019, Pkl. 13.00 s.d 16.00 WIB, sementara Dinas Kesehatan beserta tim, tidak bisa hadir karena ada kegiatan ditempat lain.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) dr.H. Marsono, MPD., yang diwakili oleh Yeti Indrayati sebahai Kasie Tuna Sosial, Nurlista Apriani sebagai Kasie Disabikitas dan Abdul Kalim sebagai Kasie Anak dan Lansia, berkomitmen dan menyambut baik kunjungan silaturahmi dari RSMM, untuk bekerjasama melakukan penanganan ODGJ/PDM Pasung, Terlantar dan ODGJ/PDM masyarakat miskin lainnya, menuju Kab. Indramayu Bebas ODGJ dan Pasung Tahun 2019.

Sementara Iyep Yudiana, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSMM beserta Ketut Sudiatmika, Lilin Darmiyanti dan Nurohmi, yang mempromosikan program pelayanan kesehatan jiwa masyarakat RSMM, mengharapkan kerjasamanya dari Dinsos dan Dinkes Kab. Indramayu, guna mendukung program pemerintah untuk Indonesia, Jawa Barat dan Kab. Indramayu Bebas Pasung Tahun 2019.

Guna mewujudkan pelayanan kesehatan jiwa untuk seluruh masyarakat Kab. Indramayu, maka rencana tindaklanjut dari hasil rakor tersebut adalah Dinsos dan Dinkes akan berkomitmen tinggi dan saling berkoordinasi, untuk melakukan validasi data ODGJ/PDM Pasung dan Non Pasung beserta pemberkasannya, guna menggelar Promosi Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ untuk seluruh masyarakat Kab. Indramayu, yang rencananya akan di gelar pada pertengahan September 2019, atas kerjasama Pemda Kab. Indramayu melalui Dinsos dan Dinkes bersama RSMM, menuju Kab. Indramayu Bebas Pasung Tahun 2019. (Red)

✋Stop Pasung
💪Sehat Jiwa
🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

BY KJM&PKRS RSMM.

Facebook Comments
Bagikan...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter