TANGGAMUS, | sorotdesa.com – Ruas jalan wisata Pekon Sukabanjar Batubalai Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus yang rusak dan longsor pengaruhi angka wisatawan yang datang ke Batubalai dan Pantai Pihabung Karang yang berakibat turunnya jumlah wisatawan secara drastis.

Rusaknya ruas jalan provinsi menuju lokasi wisata Batubalai Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus  sudah terjadi beberapa bulan yang lalu, dan pada akhirnya pada pasca Lebaran kali ini berdampak pada penurunan kunjungan wisata ke destinasi Wisata Batubalai Kecamatan Kota Agung Timur.

Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Pekon Sikabanjar, dengan Pekon Ketapang Kecamayan Limau mengalami rusak dan longsor yang disinyalir sudah sejak beberapa bulan yang lalu yang meliputi jalan pedukuhan Temiang Pekon Sukabanjar Kecamatan Kota Agung Timur kabupaten Tanggamus, Lampung.

Dari hasil pamtauan Tim Media Sorotdesa.com Jumat (07/06/2019), jika tidak segera ditangani dengan segera, maka jalan provinsi tersebut akan mengganggu mobilitas dan perekonomian warga setempat dan melumpuhkan sektor pariwisata pada libur lebaran tahun ini.

Kepala Pekon Sukabanjar Ris, Kecamatan Kotaagung Timur Kabupaten Tanggamus, sudah beberapa kali mengajukan proposal ke Bupati namun belum ada tangganpan yang serius dari dinas terlait tutur nya, Kepala pekon Ris mengatakan sejak jalan menuju objek wisata Pihabung Rusak berdampak terhadap kunjungan wisatawan yang menurun drastis.

“Banyak wisatawan lokal yang membatalkan berkunjung ke Batu Balai bahkan di Pekon Ketapang, begitu mengetahui jalannya rusak dan susah dilalui mobil, mereka akhirnya lebih memilih ke tempat wisata lain,” ujar Pekon Ris.

Dikatakan juga oleh Kadek, kerusakan jalan juga terjadi di ruas jalan menuju lolasi wisata yang menghubungkan sejumlah pekon di Kecamatan Cukubalak, sampai ada yang mencapai separuh badan jalan.

Zairuddin, salah seorang pengelola obyek wisata Cukubetung menuturkan, kerusakan jalan berupa jalan rusak dampaknya sangat besar terhadap kunjungan wisata. Hal itu terlihat saat akhir pekan. Dimana yang sebelumnya cukup banyak wisatawan lokal yang datang ke Batubalai untuk berlibur.

Namun akhirnya setelah mengetahui jalannya rusak parah, membuat kunjungan wisata masyarakat berkurang drastis. Karena banyak dari mereka yang malas berlibur ke daerah tersebut.

“Sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan. Dan itulah yang menjadi perhatian kami. Mudah-mudahan ada perbaikan segera dari pemerintah provinsi terkait jalan tersebut,” pungkas Zairuddin.

(Amri)

Facebook Comments